Pages

[JOURNEY] Kuliah di Jurusan Radiologi

Jumat, 03 Maret 2017

Assalamualaikum

Hi semua.. Kali ini aku akan membahas jurusan yang sedang aku jalanin, yaitu kuliah di jurusan radiologi tepatnya jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi hmmm.. panjang juga nama jurusan aku ya
Aku kuliah di jurusan tersebut mengambil prodi D3 di Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta 2 yang beralamat di Jl. Hang Jebat No.3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Aku akan sedikit cerita kenapa bisa kuliah dijurusan tersebut. Awalnya aku lulus SMA IPA Tahun 2014. Seperti kebayakan siswa SMA lainnya aku mengikuti tes-tes untuk masuk universitas negeri. pertama aku ikut SNMPTN dan mengambil jurusan Teknik Industri dan Teknik Kimia UNDIP. dulu aku sangat tertarik dengan jurusan Teknik, kedua aku ikut SBMPTN dan lagi-lagi aku mengambil jurusan Teknik, ketiga aku ikut UM UNDIP, keempat aku ikut tes STPI Curug, Kelima Ikut UMBPTN, dan tes terakhir aku ikut gelombang 2 tes di Poltekkes Jakarta 2. begitu banyak tes-tes yang aku jalanin, total ada 6 kali tes. aku sebenarnya udah hopeless dengan perjuangan ini karena udah 6 kali tes tapi belum bisa masuk univ juga. sempat iri sama temen-temen yang udah diterima di berbagai univ impian mereka tapi berkat keluaga terutama papa aku yang mendorong dan memfasilitasi kegiatan tes ini aku jadi semangat lagi. Thanks my dad๐Ÿ’–

Singkat cerita Alhamdulillah aku diterima di jurusan radiologi, jujur awalnya aku gatau jurusan apa ini, kerjanya nanti dimana, dan boleh dibilang aku asal pilih jurusan yang penting Teknik wkwkwk
di awal semeter pun aku masih belum ngerti pelajarannya karena di dominasi dengan hitung-hitungan, bahasa inggris di setiap bukunya bahkan sampai bahasa latin. darrr.. (gue mau pindah!!!). itu yang terlintas dipikiran aku.

Tapi semakin dijalanin aku semakin ngerti dan semakin kepo sama jurusan ini. jadi, akan aku jelasin jurusan ini yaa bagi kalian yang berminat.
Untuk orang yang masih awam, jurusan radiologi ini belajar tentang sinar-x yang biasa orang bilang rontgen. tapi ga cuma itu, kalian akan belajar tentang USG, CT Scan, MRI, Radioterapi, Kedokteran Nuklir, Anatomi, Proteksi Radiasi dll. Dan setelah lulus kalian bisa bekerja sebagai radiografer di Rumah Sakit atau aplikan di perusahaan

Banyak orang diluar sana nanya. Apa ga bahaya kuliah di jurusan radiologi, bukannya sinar-x itu bahaya? semua pekerjaan itu pasti ada resikonya, setiap manusia tidak bisa mengelak adanya resiko kerja karena hal itu pasti ada. Tapi kan ada cara-cara menghindari resiko-resiko tersebut. kalau dibidang radiologi ada mata kuliah namanya proteksi radiasi dan K3 (Kesehatan & Keselamatan Kerja). Jadi jangan khawatir, dan selalu percaya bahwa Allah SWT akan melindungi hambanya๐Ÿ˜Š.

Segitu aja pengalaman dari aku, semoga bisa membantu kalian yang ingin kuliah di jurusan ini. dan pesan dari aku selalu semangat, ikhtiar, dan terus berdoa. semoga yang kalian cita-citakan dapat terwujud. Aamiin

Thanks, Wassalamualaikum ๐Ÿ’—

57 komentar:

  1. Waalaikumsalam kak

    Udah semester berapa kak?
    Aku juga minat nih, tapi aku si lulusan SMK TKJ :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya baru bisa bales, maaf bgt untuk SMK tidak bisa masuk jurusan TRO di Poltekkes 2.

      Hapus
    2. Assalamualaikum izin bales nihh,, kalau di kelas aku jurusan teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi ada kok yang jurusan tkj, jadi jgn takut dan terus berjuang aja gapai impian

      Hapus
    3. Mau tanya ni lulusan IPS ambil jurusan radiologi di PTS ?

      Hapus
    4. Halo kak mau tanya, kalo lulusan smk farmasi bisa ga ya lanjut di TRO?

      Hapus
  2. Assalamualaikum kak

    Hitung-hitunganya seperti apa ya ? Rumit kah ? Saya minat ambil jurusan TRO tapi lemah di matematika....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hitung2 an seperti statistika, matrik. Pelajaran seperti SMA saja. Jgn minder ya, yg penting niat belajar pasti bisa kok☺

      Hapus
    2. Ka mau tanya lulusan IPS jurusan radiologi di PTS bisa gak?

      Hapus
  3. Ka kalo aku kan sekolahannya smk kesehatan gt bisa ga msk ke univ yg kk itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa untuk jurusan farmasi, Kesehatan lingkungan, Anafarma, teknik gigi setau aku. Cek ke web nya juga ya

      Hapus
  4. Wahhhh. .
    Kak! Mantapp ..

    Btw. Nih kk . ..
    Jurusan ini ada yang S1 ngaa yaa ??
    Atau D4 mungkin ?
    Hheheheh

    BalasHapus
  5. Kak bahasa Inggrisnya itu kaya gimana belajarnya ,saya masuk.jurusan ini tahun ini tapi lemah di bahasa Inggris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah selamat ya.. Bahasa Inggris nya basic kok pasti bisa ngikutin

      Hapus
  6. Kak bagi id line dong. Mau pc boleh?

    BalasHapus
  7. Kak jurusan ips bisa enggak kak

    BalasHapus
  8. Halo kak, aku dari jurusan ipa, kalo mau ke radiologi Ujian Nasionalnya ngambil apa ya kak? Fisika atau biologi? Saya soalnya mau ambil biologi tapi radiologi kan teknik ya???

    BalasHapus
  9. Balasan
    1. Gk bisa dibandingkan gitu menurut ku, perbedaan nya D4 ada pemilihan peminatan

      Hapus
  10. Kak radiologi ada yg S1 gak??
    Cara masuk snmptn nya susah gak kak??
    Kira2 gak harus lancar dulu bhs inggris kan kak..wkw soalnya masih tp belajar. Sama fisika juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada D4, nilai rapot nya harus bagus. Ga harus lancar dan bisa yg penting mau belajar

      Hapus
  11. batas umur brp kak? kallau mau masuk

    BalasHapus
  12. Ada. Tp aku lupa brp nya. Coba cek di website nya aja dek

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. Kalau setau aku, ada 2 jalur untuk masuk Poltekkes JKT 2 ada tes rapot sama tes tulis

      Hapus
  14. Kak aku kan anak ips,tapi pengen ngambil radiologi ni..gimana kak?

    BalasHapus
  15. Kak kalo mau kuliah kedokteran radiologi itu kita harus kuliah d3 nya dulu atau bisa langsung masuk?

    BalasHapus
  16. Kalau kedokteran radiologi itu lebih ke spesialisasi di bidang kedokteran dek, jd kamu ya harus ambil kuliah kedokteran abis lulus kamu bisa lanjut ambil spesialis radiologi. Kedokteran radiologi sama radiologi sendiri jelas bgt beda

    BalasHapus
  17. Kak kalau masuk kuliah jurusan radiologi kan lebih cenderung ke pel. Fisika tapi saya sudah terlanjur un biologi bisa?

    BalasHapus
  18. Wah UN sekarang beda sama saya dulu. Setau saya yg penting ambilnya IPA

    BalasHapus
  19. Teman2 yg berminat untuk jadi mahasiswa poltekkes Jakarta 2. Penerimaan mahasiswa baru sudah dibuka. Segera cek website nya di www.poltekkesjkt2.ac.id

    BalasHapus
  20. Kak klo um bsa ga tpi aku dri smk jurusan multimedia pngn msuk radiologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi.. mohon maaf jurusan radiologi hanya menerima dari jurusan IPA ya

      Hapus
  21. Kak,kalau masuk jurusan radiologi bisa lewat sbmptn ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi.. poltekkes kemenkes jkt 2 mempunyai waktu tes tersendiri ya. setau saya tidak digabungkan dengan SBMPTN.

      Hapus
  22. Kak kalo aku kan SMK kesehatan bisa gak masuk ke jurusan radiologi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi.. mohon maaf jurusan radiologi hanya menerima dari jursan IPA

      Hapus
  23. Anak saya ngg gemar matematika apakah masalah kalau kuliah di radiologi makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi.. matematika ada di matkul jurusan radiologi. tapi menurut saya sangat bisa diikuti kok.

      Hapus
  24. Kak kalau masuk Poltekkes 2 itu orang ounya mata minus sama silinder bisa ga kak? Kalau jurusa radiologi?

    BalasHapus
  25. Kak aku mau tanya apakah tinggi badan mempengaruhi untuk masuk jurusan radiologi?
    Plis jwab k๐Ÿ™

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi.. iya ada batas minimal tinggi badan. kalau tertarik, persyaratan nya bisa cek di web poltekkes jakarta 2 ya

      Hapus
  26. Kak,apakah jurusan radiologi sangat susah?

    BalasHapus
  27. Kak kalo smk jurusan administrasi perkantoran bs masuk ngga?

    BalasHapus
  28. Kakak mungkin sekarang dah lulus, prospek kerjaan radiologi gimana Ya,

    Dan kakak sekarang kerja dimana ta

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi.. iya udah lulus sekarang dan bekerja di rumah sakit. banyak prospek nya, sebagai pegawai rs, bisa di perusahaan sebagai aplikan, dosen juga kalau mau lanjut kuliah lagi.

      Hapus
  29. Boleh ga mata minus masuk jurusan ini

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS